Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 28 Mei 2013

Portal - Portal Terbaik di Dunia

0 komentar
Portal-Portal E-Government Terbaik
Selain menampilkan ranking negara-negara anggota, survei juga menampilkan contoh-contoh pelayanan/produk  e-government dan portal-portal terbaik. Adapun portal-portal terbaik menurut wilayah (region) akan diuraikan di bawah ini. Nilai indeks ditulis di dalam tanda kurung setelah nama wilayah atau nama negara.

Africa Tengah (0.2530)

Afrika Tengah jauh di bawah rata-rata dunia (0.4514). Nilai tertinggi dicapai oleh Angola (0.3328), diikuti Gabon (0.3228). Portal Kementrian Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Sosial Angola, http://www.mapess.gv.ao/, memperoleh nilai tertinggi. Portal ini mampu menyajikan bagi penduduk one stop shop website, juga seksi berita dan arsip-arsip informasi.
Afrika Timur (0.2879)
Afrika Timur masih di bawah rata-rata dunia. Nilai tertinggi dicapai oleh Mauritius (0.5086) dan disusul Seychelles (0.4942). Pemerintah Kenya telah meningkatkan kehadiran portalnya, sehingga memberikan manfaat bagi penduduk dan pengunjung situs tersebut. Welcome page pada http://www.kenya.go.ke  begitu baik layout dan mudah navigasinya. Desain one-stop shop, menyediakan layanan bagi penduduk untuk isu-isu Crime & Justice, Education & Learning, Health & Wellbeing dan tema-tema lain. Kenya juga melanjutkan merealisasikan komitmennya bagi layanan online lewat situs Directorate of e-Government, http://www.egovernment.go.ke, yang dapat ditemukan di dalam the Office of the President. Directorate menyediakan gambaran sumber-sumber  e-government dan item-item baru, seperti e-transaction bill yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Kenya adalah contoh bagaimana sebuah negara yang memiliki kendala pada sumber-sumber, ternyata tetap dapat memajukan e-government-nya. Kementrian Keuangan Rwanda mampu meningkatkan situsnya, http://www.minecofin.gov.rw ,  dengan memperbaiki fitu-fitur untuk download statistic dan akses basis datanya. Situs juga menyediakan dua bahasa, Inggris dan Perancis.  Situs Kementrian Pendidikan Mauritius, http://ministry-education.gov.mu, mengizinkan penduduk untuk melakukan pendaftaran online dan men-download formulir, serta memiliki business section bagi aplikasiaplikasi online untuk melakukan tender dan perijinan.

Afrika Utara (0.3403)

Rata-rata Afrika Utara masih di bawah rata-rata dunia. Mesir memimpin wilayah ini dengan nilai 0.4767, salah  satunya disebabkan perbaikan dalam web measure index-nya. Situs nasional Mesir memiliki form untuk  download, dan memnungkinkan online submission dari form dan pembayaran dengan kartu kredit, semuanya  lewat jalur yang aman (secured link). Situs juga menyediakan interaksi menggunakan PDA dan WAP (wirelessapplication protocol). Mesir telah menginvestasikan untuk menyediakan multimedia lewat link-link video dan audio pada situsnya. Kementrian Pendidikan Mesir meningkatkan situsnys, http://knowledge.moe.gov.eg/arabic/,  dengan cara membuatnya lebih interaktif. Penduduk dapat menerima informasi lewat email, download registration form, dan melihat/mendengar klip-klip video serta audio.
Situs Kementrian Keuangan Maroko, http://www.finances.gov,  mengizinkan penduduk untuk membuat account secara online, download financial statistic, dan mengunduh arsip informasi. Situs juga dilengkapi dengan  aplikasi e-finance bagi para pelanggan.

Afrika Selatan (0.3893)

Wilayah ini dipimpin oleh negara Afrika Selatan (0.5115), diikuti Lesotho (0.3805). Situs Kementrian Keuangan Lesotho, http://www.finance.gov.ls, mengijinkan warganya untuk men-download form dan mengakses financial statistic, mencari arsip informasi dan mengajukan bagian-bagian baru: mekanisme online feedback yang memungkinkan penduduk untuk menanyakan sesuatu dan membuat saran-saran. Situs Departemen Tenaga Kerja, http://www.labour.gov.za,  adalah contoh sempurna situs agensi publik yang dikelola sangat baik untuk memenuhi kebutuhan stakeholder. Situs memiliki desain yang sederhana, tetapi  sangat atraktif, yang memungkinkan pengguna dapat mencari dengan cepat apa yang mereka cari. Navigasi yang mudah menyediakan key phrases, seperti ‘Maternity benefits’, ‘Workmen's compensation’, ‘Domestic workers’, ‘Employers’, dan ‘Bargaining councils’. Pengunjung situs dapat mengakses petunjuk yang berguna dan kesimpulan-kesimpulan sesuai topik yang berhubungan (misal, affirmative action, annual leave dan employment contracts, juga comprehensive labour-market research dan statistics). Berbagai online filings/registrations juga disediakan (misal, compensation claims dan employer registration) serta posting online lowongan. Situs menyediakan fitur lengkap untuk menjadi one-stop shop bagi isu-isu ketenagakerjaan.

Afrika Barat (0.2110)

Wilayah Afrika Barat memiliki indeks rata-rata terkecil. Cape Verde (0.4158) memimpin nilai, diikuti Nigeria (0.3063) dan Ghana (0.2997). Portal nasional Burkina Faso, www.primature.gov.bf, adalah satu-satunya portal yang memungkinkan konsultasi online. Situs Kementrian Keuangan Cape Verde, http://www.minfin.cv,  telah dibuat menjadi one-stop shop, dengan downloadable financial form dan statistic, serta akses ke basisdata kementrian dan arsip informasi. Kementrian Kesehatan Senegal telah meningkatkan portalnya, www.sante.gouv.sn, untuk berinteraksi dengan warganya. Portal ini mengijinkan penduduknya untuk berpartisipasi dan men-download health statistics.
Karibia (0.4480)
Barbados (0.5667) memimpin wilayah ini, terutama karena kekuatannya dalam education index dan infrastructure index. Republik Dominika memiliki web measure index tertinggi di wilayah ini. Situs Kementrian Kesehatan Trinidad and Tobago, http://www.health.gov.tt/,  mendorong partisipasi penduduk dengan menyediakan klip video kesehatan sesuai isu dan menawarkan item-item berita. Situs Kementrian Kesejahteraan Republik Dominika, ww.sespas.gov.do, juga mendorong partisipasi penduduk dan menyediakan one-stop shop untuk informasi kesehatan yang berhubungan. Situs berisi informasi kesehatan yang penting dan menyimpan isu-isu kesehatan terkini.  Situs Kementrian Tenaga Kerja Grenada, http://www.grenadaedu.com/,  mengijinkan penduduk untuk membuat  account secara online dan men-download statistik.

Amerika Tengah (0.4604)

Meksiko (0.5893) memimpin wilayah ini. Portal nasional Meksiko, http://www.gob.mx, memiliki sebuah portal  e-government dan konsultasi online yang terpisah antara pemerintah dan penduduk. Situs juga menyediakan lelang online (online bidding) untuk kontrak umum dan pembayaran dengan kartu kredit lewat saluran yang aman dengan fasilitas electronic signature. Portal nasional El Salvador, http://www.elsalvador.gob.sv,  berinteraksi dengan penduduk dengan menyediakan online poll, serta memisahkan situs e-government dan klip video / audio.  Situs Kementrian Pendidikan Costa Rica, http://www.mep.go.cr/,  menyediakan one-stop shop untuk penduduknya, yang memungkinkan penduduk menerima informasi lewat email dan membuat online account.
Amerika Utara (0.8408)
Portal milik pemerintah federal Amerika Serikat (0.8644) masih menjadi model untuk e-government. Portal USA.gov merupakan satu dari situs pemerintah yang paling komprehensif dan efektif. Keefektifitasan dan kesuksesannya dibuat sangat luar biasa dengan ukuran yang besar sekali dan memuat informasi dan layanan yang juga sangat besar, semuanya online. Dalam tahun 2008, portal USA.gov web memasukkan fitur baru, seperti banyak sekali Really Simple Syndication feed (RSS feed) untuk berita dan informasi-informasi lain, mobile government web page yang lengkap dan peningkatan fitur e-rulemaking untuk konsultasi. Banyak situs dengan fitur-fitur yang sama, seperti blog dan wiki yang akan ditemukan pada situs-situs milik departemendepartemen Amerika Serikat. Kanada (0.8172) juga merupakan satu dari pemimpin e-government, dengan menyediakan seluruh informasi dan layanan di situsnya dalam dua bahasa, Inggris dan Perancis. Portal dikemas dengan informasi dan layanan yang user-friendly. Home page memiliki fitur-fitur komunikasi yang interaktif, termasuk RSS feed dan mobile government portal. Pengguna The National Portal dapat menikmati trio gateway sites yang terintegrasi yaitu: layanan penduduk (http://www.servicecanada.gc.ca/),  layanan bisnis (www.canadabusiness.gc.ca) dan komunitas internasional (http://www.canadainternational.gc.ca/).  Untuk keperluan akuntabilitas dan transparansi, situs nasional Kanada membuat fitur baru bernama ‘Proactive Disclosure’, berisi daftar lengkap dari penjelasan laporan kontrak, perjalanan dan pembelanjaan untuk pelayanan, hadiah, tunjangan dan subjek-subjek lain yang membutuhkan penjelasan (subjects of disclosure).
Amerika Selatan (0.5072)
Argentina (0.5844) memimpin di atas Chile (0.5819) dan Brazil (0.5679) di wilayah ini. Hal ini disebabkan oleh peningkatan dalam infrastructure index, dimana terjadi peningkatan pelanggan telepon selular dan pengguna komputer (PC). Portal nasional Argentina, http://www.canadainternational.gc.ca/,  telah pengembangkan sejumlah tool dan fitur yang mendukung e-participation. Dia memiliki portal e-government yang terpisah dan merupakan satu dari sedikit negara yang memiliki penanggung jawab untuk seluruh kebijakan e-government.
Portal juga mengijinkan online submission of form dan memiliki time frame untuk merespon email-email penduduk dan online submission. Kementrian Pendidikan Paraguay, http://www.mec.gov.py,  merupakan salah satu one-stop shop yang memungkinkan penduduk untuk membuat online account dan menerima informasi lewat email. Kementrian Kesejahteraan Sosial Venezuela, http://www.mps.gob.ve,  juga merupakan one-stop shop yang memungkinkan penduduk untuk membuat online account dan menerima informasi lewat email. Situs juga memiliki multimedia dengan klip-klip audio dan video. Situs milik DPR-nya Brazil, http://www2.camara.gov.br/popular,    mengijinkan penduduk untuk berbicara secara langsung ke wakil mereka dan berpartisipasi dalam debat melalui internet. Pemerintah Brazil juga menyediakan e-participation platform yang mengijinkan anggota parlemen dan penduduk untuk berkomunikasi lewat chat room, forum diskusi dan layanan “Fale com Deputado” atau “Talk to the MP”. BentuK e-participation ini telah meningkatkan interaksi antara penduduk dan anggota parlemen. Dalam negara seperti Brazil yang populasi secara geografisnya sangat tersebar, partisipasi secara online telah memberikan suara partisipasi penduduk yang lebih besar di dalam pembuatan kebijakan dan undang-undang.

Asia Tengah (0.3881)

Sebagian besar negara di Asia Tengah mengalami kemunduran, dengan indeks di bawah rata-rata dunia. Tidak ada peningkatan dalam situs-situs mereka. Hanya Kazakhstan (0.4743), yang memimpin wilayah ini, yang mampu melampaui rata-rata indeks dunia.
Asia Selatan (0.3395)
Wilayah Asia Selatan masih jauh di bawah rata-rata indeks dunia dan merupakan ranking terbawah di Asia. Maldiva (0.4491) memimpin di sini, diikuti Sri Lanka (0.4244) dan Iran (0.4067). Meskipun di bawah indeks rata-rata dunia, India (0.3814) telah mengembangkan portal pemerintah yang lengkap (http://india.gov.in),  sebagai salah satu kebijakan dan strategi nasional, termasuk membuat link ke e-strategy bernama National e-Governance Plan. Portal dibuat user-friendly, yang memungkinkan pengguna mengakses dengan cepat informasi dan layanan e-government berdasarkan profil dan kebutuhan mereka sendiri. Fitur-fitur  seperti scrolling news feed link ke berita-berita terkini dan navigasi untuk membantu pengguna ke tender, form  dan map. Situs memiliki fitur Help dan feedback yang mudah diakses, dan juga ada bagian untuk komunitas expatriate yang jumlahnya besar di India.

Asia Barat (0.4857)

Israel (0.7393) memimpin wilayah ini, diikuti Uni Emirat Arab (0.6301) dan Siprus (0.6019), dimana Uni Emirat Arab mendapatkan nilai tertinggi pada web measure index. Situs Kementrian Tenaga Kerja Uni Emirat Arab, http://www.mol.gov.ae/, merupakan contoh sempurna dari one-stop shop. Situs ini menyediakan fitur-fitur transaksi, seperti pembayaran dengan kartu kredit, melakukan submission of form dan perijinan secara online, pembuatan personal account secara online dan memiliki time frame untuk merespon email dan pertanyaan online. Situs ini merupakan satu dari sedikit situs yang memiliki electronic signature. Situs Kementrian Kesejahteraan Sosial Kuwait, http://www.mosal.gov.kw,  contoh situs sempurna lain, yang cukup progresif. Situs ini menawarkan email notification bagi pertanyaan-pertanyaan penduduk, memungkinkan dilakukan submission of form dan pembayaran secara online, juga pembuatan personal account secara online.
Situs Kementrian Pendidikan Yordania, http://www.moe.gov.jo/,  adalah situs sempurna, yang menyediakan email notification dan mendorong partisipasi penduduk. Situs juga mengijinkan penduduk untuk membuat personal account dan melakukan pembayaran secara online.

Asia Timur (0.6443)

Wilayah Asia Timur memiliki rata-rata tertinggi dalam survei tahun 2008. Republik Korea/Korea Selatan (0.8317) memimpin di wilayah ini, diikuti Jepang (0.7703) dan China (0.5017). Mongolia telah melakukanpeningkatan untuk tiga kriteria indeks (Infrastructure, Education, dan Web Measure), sehingga menempatkannya di atas 50% dari rata-rata survei dunia. Portal nasional Republik Korea, http://www.korea.go.kr/, punya kekuatan dalam e-participation. Portal ini menyediakan konsultasi online bagi penduduk dan mendorong orang untuk bergiat dan berperan terhadap isu-isu yang mempengaruhi mereka. Portal memungkinkan penduduk untuk melakukan pengajuan (submission) dan pembayaran (payment) dan mereka dapat melacak kemajuan dari pengajuan yang mereka lakukan. semuanya ini  dilakukan dalam suatu jaringan yang aman dengan menerapkan electronic signature.
Di kota Chuncheon, Republik Korea, penduduk memiliki akses langsung ke Walikota melalui situs kota Chuncheon, http://www.chuncheon.go.kr/.  Melalui situs ini penduduk dapat mengajukan saran, ide-ide, proposal, dan komentar-komentar pada layanan yang disediakan oleh Kantor Walikota. Saran-saran akan direview oleh Kantor Walikota dan umpan baliknya juga disediakan bagi penduduk. Laporan budget kota dan partisipasi warga disediakan untuk menjamin proses transparansi.  Portal Kementrian Pendidikan Jepang, http://www.mext.go.jp/,  menyediakan umpan balik (feedback) terhadap submission yang diajukan secara online atau lewat email. Portal memungkinkan penduduk untuk membuat personal account dan menerapkan electronic signature untuk memastikan kerahasiaan. Portal nasional China, http://www.gov.cn,  mendorong partisipasi penduduk dan menyediakan online polling untuk memperoleh protret (snapshot) pandangan-pandangan mereka. Situs ini menggunakan tool multimedia audio dan video untuk mendesiminasi informasi, kebijakan dan pedoman/petunjuk.

Asia Tenggara (0.4290)

Singapura (0.7009) memimpin Asia Tenggara, diikuti Malaysia (0.6063) dan Thailand (0.5031). Singapura memiliki banyak e-government initiative yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan dari penduduknya. Portal My e-Citizen, http://www.myecitizen.sg, menyediakan penduduk dengan kesempatan untuk menyuarakan opini mereka pada sejumlah isu-isu lokal. Penduduk dapat mengirim opininya pada isu-isu seperti strategi nasional  untuk menghadapi perubahan iklim, pelarangan merokok, bagaimana mengurangi birokrasi pemerintahan dan bagaimana membuat pemerintahan lebih efisien. Topik-topik berubah secara reguler. Portal juga mengijinkan penduduk untuk memanfaatkan teknologi mobile (m-technology) dengan menyediakan opsi penerimaan SMS dari pemerintah pada bermacam-macam hal, termasuk perpanjangan passport, pembaharuan pajak jalan raya, laporan berkala pemerintah dan bahkan pemberitahuan keterlambatan pinjaman buku perpustakaan. Pemerintah Singapura telah mengimplementasikan SingPass (http://www.singpass.gov.sg/) sejak Maret 2003 untuk mendukung Singapore’s e-Government Vision (2003-2006) dan mentransformasikan layanan publik ke dalam Networked Government. SingPass merupakan password umum untuk publik bila akan mengakses layanan pemerintah lewat e-service. Dalam SingPass, penduduk dan orang asing yang bekerja di Singapura cukup hanya menghafal satu ID yang unik dan password miliknya. Dengan SingPass registrasi pengguna dapat menggunakan ID dan password tadi untuk menikmati citizen-centric government e-service. Saat ini ada sekitar 40 badan pemerintah yang menggunakan SingPass untuk mengakses sekitar 370 e-service dengan menerapkan secure user identification. Konsumen yang lupa SingPass-nya dapat me-reset password-nya di 52 lokasi. Untuk memastikan privasi dari user information, data SingPass akan dienkripsi untuk menghindari pemakai yang tidak berhak mengaksesnya. Meskipun nilai indeks Indonesia (0.4107) masih di bawah rata-rata indeks dunia (0.4514), namun situs Kementrian Sosial Indonesia memperoleh predikat sebagai salah satu Best Practice in user preferences and rankings. Situs Kementrian Sosial, http://www.depsos.go.id, mendorong pengguna membentuk pengalaman bersitus, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai contoh, dalam situs terdapat Top 10 Article Lists, yang menyediakan ranking top 10 dari artikel yang sering dibaca, item yang tertinggi rate-nya, file yang terbanyak di-download, yang paling aktif berkomentar, dan lain-lain.

Eropa Timur (0.5689)

Republik Czech (0.6696) memimpin, diikuti oleh Hungaria (0.6494) dan Polandia (0.6134). Situs kementrian Keuangan Polandia, http://www.mf.gov.pl/, menyediakan penduduk informasi pada World Bank Grant -nya dalam usaha untuk memperkuat fungsi auditing dan hutang publik. Penduduk juga dapat menghitung bunga kekayaan obligasinya. Portal nasional Republik Czech , http://www.vlada.cz/, menyediakan link ke seluruh laporan badan dan dewan. Portal juga memiliki Really Simple Syndication, yang memungkinkan dilakukannya update untuk menangani blog dan feed lainnya.

Eropa Utara (0.7721)

Eropa Utara merupakan wilayah terkuat di Eropa. Swedia ( (0.9157), Denmark (0.9134), dan Norwegia (0.8921) adalah tiga negara terbaik dalam survei ini. Swedia dengan http://www.sverige.se, Norwegia dengan http://www.regjeringen.no, Denmark dengan http://borger.dk/ tetap memimpin di antara negara-negara Skandinavia dan dunia. Swedia dan Denmark menduduki ranking satu dan dua dunia, sedang Norwegia di ranking empat dunia. Berdasar survei, seluruh negara Skandinavia menggunakan strategi web yang serupa. Mereka memiliki situs utama yang informatif dan terintegrasi dengan kuat, serta situs gateway untuk e-service. Dengan pendekatan ini, setiap negara Skandinavia memiliki ketersediaan terhadap layanan dan transaksi. Negara-negara tersebut memiliki content dalam jumlah yang besar. Situs-situs tersebut memiliki sejumlah besar informasi, referensi dan e-participation bersama. Semuanya membangun komisi untuk e-participation dan e-democracy, serta memiliki banyak penemuan dan juga publikasi. Inggris, merupakan negara Eropa Utara yang di survei sebelumnya menduduki ranking empat dunia, sebelum turun ke ranking 10. Portal Inggris, Directgov.uk, merupakan ‘Public service all in one place’ terbaik yang menggabungkan informasi dan layanan dari pusat pemerintahan dengan otoritas lokal. Situs utama diisi dengan informasi, dan memiliki direktori serta daftar layanan terpadu antara pemerintah pusat dan otoritas lokal, ditambah dengan link ke layanan dan sumber-sumber ke pemerintah lokal. Selanjutnya, situs utama memiliki fitur-fitur komunikasi penduduk, seperti mobile government portal, dan business gateway yang terpisah, dengan alamat www.businesslink.gov.uk. Irlandia telah mengimplementasikan portal tunggal untuk sentralisasi government procurement, http://www.etenders.gov.ie/. Sebagai one-stop shop untuk bisnis supaya dapat bekerja bersama dengan pemerintah Irlandia, portal ini menangani pengajuan tender dan pendaftaran vendor. Portal menyediakan bisnis dengan dua-halaman
instruksi yang sederhana di dalam halaman “Suppliers-Getting Started”. Pelanggan situs ini dapat mengakses peluang bisnis di sektor publik dan menerima email ketika ada peluang baru yang dipublikasikan

Eropa Selatan (0.5642)

Spanyol (0.7228) telah melakukan perbaikan dalam web measure index, dengan membuat portal e-government yang mendorong penduduk dalam e-participation, serta menyediakan transaksi online melalui jalur yang aman, dan membuat komunikasi via telepon selular dengan penduduknya. Spanyol juga meningkatkan situs nasionalnya, http://www.la-moncloa.es, dengan menyediakan tool multimedia yang lebih baik, berupa klip-klip video dan audio. Situs ini juga memiliki portal yang khusus untuk e-government, dengan menggunakan berbagai bahasa, termasuk Jepang, China, Rusia, Jerman, Portugis dan Inggris. Situs juga memiliki fokus bisnis yang kuat dengan bagian ‘Spain Business’, untuk tujuan menarik investasi asing di Spanyol. Portal Kementrian Kesehatan Malta, http://www.ehealth.gov.mt, merupakan contoh sempurna dalam penyediaan customer service secara online. Portal ini memungkinkan penduduk mendaftar lewat European Health Insurance Card secara online. Selain itu, juga terdapat electronic patient library yang menyediakan kemitraan dengan perusahaan swasta, yang menyediakan ensiklopedia kedokteran, informasi tentang prosedur medis dan pembedahan, dan juga pelajaran-pelajaran dalam bentuk animasi. Portal juga menyediakan daftar kebutuhan farmasi lokal.

Eropa Barat (0.7329)

Belanda(0.8631), Perancis (0.8038) dan Luxemburg (0.7512) telah membuat kemajuan yang hebat untuk memperbaiki ranking e-government-nya. Situs nasional Perancis, www.premier-ministre.gouv.fr, mendapatkan nilai tertinggi di wilayah ini. Situs ini sangat kuat dalam menerapkan e-participation dan memiliki fitur-fitur untuk konsultasi online, memiliki portal e-government yang terpisah, telah melembagakan time frame untuk merespon pertanyan-pertanyaan dan email dari penduduk. Situs juga memiliki banyak news feed dan RSS untuk mengupdate informasi secara kontinyu dari media dan blog. Fitur menarik yang lain adalah bagian ‘major projects’, yang akan menjaga proposal-proposal kebijakan dan prioritas-prioritas milik pemerintah.

Oseania (0.4338)

Australia (0.81080) dan New Zealand (0.7392) memimpin di wilayah ini. Untuk negara-negara pulau kecil-kecil dipimpin oleh Fiji (0.4146) Situs nasional Australia, www.australia.gov.au, sangat sarat dengan informasi, layanan dan link ke sumbersumber pemerintahan. Situs ini lengkap dan luas, dan dapat melayani secara simultan, sebagai suatu situs gateway dengan tiga portal yang terpisah namun terintegrasi: untuk bisnis (www.business.gov.au); informasi dan layanan penduduk lewat portal CentreLink (www.centrelink.gov.au); dan untuk pencarian kerja (www.jobsearch.gov.au), dengan memberi publikasi lebih dari 84.000 kesempatan kerja di seluruh Australia. Situs juga menyediakan fitur umpan balik yang ditempatkan pada halaman input permohonan pengguna.New Zealand telah meningkatkan portal nasionalnya, http://www.govt.nz, ‘Your Front Door to New Zealand Government Online’. Situs ini dengan homepage channel yang sederhana namun jelas: untuk daftar lengkap
layanan online dan badan-badan pemerintah, untuk memberi kesempatan berpartisipasi dan terlibat dalam pemerintahan, untuk fitur pencarian yang bagus; dan untuk informasi dan layanan bagi orang-orang pribumi Maori, New Zealand. Portal nasional juga terintegrasi dengan job portal, at www.jobs.govt.nz, dan juga dengan situs rekan pemerintah, www.beehive.govt.nz, yang menyediakan arsip dokumen, link-link informasi, langganan electronic news dan memuat informasi serta layanan bagi penduduk.

Hasil survei dari The United Nations e-Government Survey 2008, memperlihatkan adanya kesenjangan di dalam pelaksanaan e-government di antara negara-negara anggota PBB, di mana di negara-negara Eropa, Amerika Utara, Asia Timur dan Oseania sangat baik dengan nilai indeks yang tinggi, sedangkan di negara-negara Afrika, Asia Tengah dan Asia Selatan masih mengalami kemunduran dengan indeks rata-rata yang rendah. Portal-portal e-government yang terbaik, merupakan situs pemerintah yang informatif, komprehensif dan efektif, terintegrasi dengan kuat, mampu memuat informasi yang luar biasa besar, menyediakan fitur yang lengkap dan dapat memanfaatkan hampir semua teknologi informasi dan komunikasi (ICT), termasuk teknologi selular. Semua itu ditujukan untuk memberikan sebesar-besarnya akses, layanan dan interaksi dengan penduduk, untuk pemberdayaan penduduk lewat akses informasi. Untuk memberikan respon kebutuhan penduduk yang begitu cepat, dapat dilakukan dengan membuat situs dengan satu pusat layanan (one-stop centre atau one-stop hop).

Situs yang menyediakan konsultasi online bagi penduduk dapat mendorong orang untuk terlibat, bergiat dan berperan langsung terhadap isu-isu yang mempengaruhi mereka serta penentuan program-program dan layanan dari pemerintah. Oleh karena itu, situs perlu menyediakan fitur umpan balik untuk penduduk, fitur untuk melakukan pengajuan (submission) dan transaksi/pembayaran secara online, serta menyediakan jaringan yang aman, seperti dengan menerapkan electronic signature.

0 komentar:

Posting Komentar